Berita

Mata Kuliah Technopreneurship Antar Citra dan Rina Jadi Calon Teknoprener Muda

Citra Kusuma (kanan) dan Rina Wiji memaparkan produk yang mereka komersialkan pada acara RITECH EXPO, 7 – 8 Agustus 2015. Melakukan uji produksi, uji pasar, mengikuti pameran, menyebar kuisioner kepada calon konsumen adalah sebagian rangkaian kegiatan yang dijalani Citra Kusuma dan Rina Wiji sebagai tenant produk penelitian para inventor di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Citra Kusuma merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UNS yang mengembangkan panel penyerap bising dari kayu sengon laut dan serat kenaf. Sedang Rina Wiji adalah mahasiswa magister Teknik Industri Fakultas Teknik UNS yang juga menjadi tenant untuk baterai lithium ferifosfat.

Keduanya berangkat dari mata kuliah Technopreneurship, mata kuliah pilihan di Fakultas Teknik UNS yang memperkenalkan dunia bisnis berbasis teknologi ini. “Baru-baru ini kan ada mata kuliah Technopreneurship. Nah, di technopreneur ini kita difasilitasi bagaimana produk produk riset dari dosen bisa dikomersialisasikan,” ujar Citra mengawali ceritanya. Citra menjadi tenant panel absorber setelah melalui seleksi yang dilakukan oleh Pusat Inovasi Teknologi (PIT UNS).

Mata kuliah Technopreneurship yang pernah Rina dan Citra ikuti membuka pandangan baru. Bagi Rina, fasilitas yang dimiliki Fakultas Teknik dan bimbingan yang diberikan sangat membantu untuk menjadi bakal pengusaha. Sedang bagi Citra, mata kuliah mata kuliah yang baru berjalan di tahun ketiga ini menjadi oase baru bagi mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha namun terbatas modal dan pengalaman. ”PIT menyediakan bank produk, calon tenant bisa memilih produk mana yang akan dikomersialkan. Setelah lulus kita tidak bingung mau cari kerjaan karena sudah merintis melalui kegiatan ini,” ujar Citra, mahasiswa angkatan 2011 ini.

Sumber : [http://uns.ac.id/id/uns-update/mata-kuliah-technopreneurship-antar-citra-kusuma-dan-rina-wiji-jadi-calon-teknoprener-muda.html]

About Us

PIT | Pusat Inovasi Teknologi Universitas Sebelas Maret adalah lembaga inkubator untuk mewujudkan komersialisasi produk inovasi hasil penelitian .

Lihat Detail

Alamat

Gedung Pusat Inovasi
Jl. Slamet Riyadi No. Purwosari
Surakarta, Jawa Tengah
Indonesia, 57126
Phone: (+62271) 632110
Email: sekretariat@inovasi.uns.ac.id