Berita

Workshop "Penyusunan Draft Paten dan Pengajuan HKI (Hak Kekayaan Intelektual)"

WORKSHOP

Penyusunan Draft Paten dan Pengajuan HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

 

Kalangan peneliti/inventor dari suatu perguruan tinggi harus memahami pentingnya hak kekayaan intelektual. Sebab, hal ini berpengaruh pada karya penelitian yang mereka buat sebagai kekayaan intelektual peneliti dan pengabdi. Sebagai contoh temuan inovasi teknologi, apabila sudah di publikasi maka HKI yang dimilikinya akan hilang. Untuk itu, peneliti paling tepat mendaftarkan HKI adalah sebelum atau bersamaan dengan publikasi dari inovasi teknologi tersebut. Untuk itu pemahaman tentang penyusunan draft HKI menjadi sangat penting bagi peneliti/inventor guna mendapat perlindungan kekayaan intelektualnya secara efektif.

 

  1. Hak Cipta adalah perlindungan yang diberikan untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaanya dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra.
  2. Paten adalah hak eksklusif yang diberikan Negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi dalam waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.
  3. Merek adalah gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda.
  4. Desain Industri adalah suatu kreasi yang dapat dipakai untuk menghasilkan, suatu produk, barang, komoditi industri, atau kerajinan tanda tangan.
  5. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu adalah kreasi berupa rancanganpeletakan tiga dimensi dari berbagai elemen dengan tujuan untuk persiapan pembuatan sirkuit terpadu.

 

Tujuan Workshop

Mengevaluasi dan membimbing penyusunan dokumen HKI antara lain dokumen paten berupa sistematika, cakupan deskripsi, penulisan klaim, dan abstrak yang baik dan benar.

 

Luaran Workshop

Pada akhir kegiatan, draft HKI yang dimiliki inventor sudah memenuhi syarat dan siap didaftarkan.

 

Target Peserta

Peneliti atau inventoryang sudah memiliki wawasan tentang HKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dimana saat ini akan dan/atau ingin mengajukan pendaftaran.

  1. Hak Cipta (Copyright).
  2. Hak Kekayaan Industri (Industrial Property Rights), terdiri dari:
  • Desain Industri;
  • Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu;
  • Paten;
  • Merek.

 

Waktu dan Tempat

Selasa, 29 April 2014 Pukul 11:30 WIB s.d. 16:00 WIB.

Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) UNS, Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Kentingan - Surakarta.

 

Pembicara

  1. Instruktur dari Dirjen HKI.
  2. Instruktur dari Unit Layanan dan Pengelolaan Hak Kekayaan Intelektual (ULP HKI UNS):
  • Dr. Pujiyono, S.H., M.H.
  • Prasetya Hadi P., S.H., M.S.
  • Rysca Indreswari, S.Pt., M.Si.
  • Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
  • Drs. Sarwono, M.Sn.
  • Rofikah, S.H., M.H.

About Us

PIT | Pusat Inovasi Teknologi Universitas Sebelas Maret adalah lembaga inkubator untuk mewujudkan komersialisasi produk inovasi hasil penelitian .

Lihat Detail

Alamat

Gedung Pusat Inovasi
Jl. Slamet Riyadi No. Purwosari
Surakarta, Jawa Tengah
Indonesia, 57126
Phone: (+62271) 632110
Email: sekretariat@inovasi.uns.ac.id